PUISI Teguh Dalam Pancasila



Pancasila adalah lima dasar negara kesatuan Republik Indonesia. Artinya, Pancasila adalah rumusan dan pedoman bagi kehidupan berbangsa dan bernegara seluruh rakyat Indonesia. Dan berfungsi sebagai dasar negara, artinya pancasila merupakan dasar untuk mengatur penyelenggaraan pemerintahan. Pancasila juga selalu identik dengan kebebasan dan kebebasan identik dengan kemerdekaan. 

Maka, puisi yang dituliskan di bawah ini di tujukan untuk menyambut perayaan kemerdekaan Republik Indonesia yang tinggal menghitung hari, tepatnya akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2023. Maka sebagai anak bangsa kita patut berbahagia dan bersyukur telah terlepas dari masa penjajahan dimana semua ini terlepas ketika bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya. 

TEGUH DALAM PANCASILA
Karya : Kang Thohir

Di atas tumpukan batu kerikil
Menyambut suatu kemerdekaan
Terjang terus dan tuntaskan
Menuju Indonesia yang adil

Tancapkan cinta di dada
Tegakkan kesejahteraan
Dalam damai Indonesia Raya
Itulah yang kami harapkan

Teguh dalam Pancasila
Hormat pada sang Pahlawan
Bukti cinta kepadanya
Darah mereka yang selalu ditumpahkan 
Cinta budaya melestarikan atas nama cinta dalam bhineka tunggal ika


Brebes, 01 Agustus 2023

Tentang Penulis:

Mohammad Tohir/Tahir (Mas Tair), nama pena Kang Tohir, lahir di Brebes, Jawa Tengah. Dari sebuah dusun/desa di Kupu, subbagian Wanasari. Anak seorang petani yang hidup dari bertani dan berkebun, menanam bawang merah, padi, buncis, pare, cabai dan sayuran di sawah.

Saat ini saya sedang mempelajari bidang kepenulisan atau sastra, khususnya sastra Indonesia. Ia gemar menulis sejak kelas empat sekolah dasar dan masuk pesantren. Saya masih aktif menulis, dan saya semakin semangat menulis puisi dan cerpen, dll. Selain menulis, saya juga suka membaca yang dapat menambah pengetahuan (pengetahuan) saya.

0 Response to "PUISI Teguh Dalam Pancasila"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel