Perbedaan antara Teologi dan Filsafat Ketuhanan


Adakah Perbedaan antara Teologi dan Filsafat Ketuhanan ? 

Ketika kita membaca buku atau mengikuti, menonton kajian ilmu pengetahuan di layar kaca, kita tentu pernah mendengar kata Teologi atau Filsafat Ketuhanan. dan mungkin banyak yang sudah tahu mungkin juga banyak dari kita yang tidak tahu bahwa keduanya itu memiliki perbedaan. 

Dimana memang keduanya membicarakan hal yang sama, yakni tentang Tuhan,tetapi sebenarnya terdapat perbedaan diantara keduanya. Jika ingin tahu maka mari kita uraikan perbedaan antara teologi dan filsafat ketuhanan

Teologi

Secara etimologi, kata teologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu Theos yang berarti Tuhan dan Logos berarti “pengetahuan”.

Oleh karena itu, kita dapat mendefinisikan teologi sebagai studi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan keyakinan agama atau pengetahuan tentang Tuhan. 

Dan teologi mengedepankan pembelajaran agama saja melainkan juga tentang menganalisis ajaran-ajaran dan berbagai teori keagamaan secara rasional yang kemudian akan di implementasikan kedalam kehidupan sehari-hari. 

Artinya secara khusus, teologi ialah ilmu yang berupaya memikirkan hubungan antara Tuhan dan manusia. Baik berdasarkan kebenaran wahyu maupun berdasarkan penyelidikan secara historis. 

Filsafat Ketuhanan

Sedangkan filsafat ketuhanan adalah pemikiran tentang Tuhan dengan pendekatan akal budi yang berlandaskan pemahaman secara filosofis. Sehingga dapat dikatakan filsafat ketuhanan adalah pemikiran manusia tentang Tuhan dengan menggunakan akal budi manusia.

Inilah yang membentuk langkah yang di gunakan dalam filsafat ketuhanan bukanlah hanya untuk menemukan Tuhan secara absolut, akan tetapi lebih kepada mencari probability-probability bagi manusia agar sampai pada kebenaran tentang Tuhan. 

Nah upaya pencarian kemungkinan itu bisa kita lihat dalam perjalanan manusia untuk menemukan kebenaran tentang Tuhan secara bertahap yang dikenal dengan teori evolusionisme yaitu konsep Dinamisme, Animisme, Politeisme, Henoteisme dan Monoteisme. 

Lalu dimana letak Perbedaan dan Persamaan antara Teologi dan Filsafat Ketuhanan? 

Pertama persamaan Teologi dan Filsafat Ketuhanan

Berkaitan dengan apa persamaannya maka dapat kita sepakati bahwa persamaan keduanya terletak pada objek kajiannya, yakni tentang Tuhan. Selebihnya dalam konteks berpikir Teologi dan Filsafat Ketuhanan memiliki kesamaan menggunakan akal dalam menggunakan narasi yang dikemukakan sebagai argumentasi logis

Kedua Perbedaan Teologi dan Filsafat Ketuhanan

Perbedaannya filsafat ketuhanan adalah pemikiran tentang Tuhan dengan pendekatan akal budi yang berlandaskan pemahaman secara filosofis. Sehingga dapat dikatakan filsafat ketuhanan adalah pemikiran manusia tentang Tuhan dengan menggunakan akal budi manusia.

Sedangkan teologi merupakan studi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan keyakinan agama atau pengetahuan tentang Tuhan. dengan cara menganalisis ajaran-ajaran dan berbagai teori keagamaan secara rasional yang kemudian akan di implementasikan kedalam kehidupan sehari-hari. 

Kesimpulan akhir

Artinya, Filsafat Ketuhanan lebih kepada sebuah metode pencarian tentang kebenaran tentang Tuhan berdasarkan akal budi manusia, bukan hanya berdasarkan ajaran-ajaran agama semata. 
Kemudian dari sisi Teologi lebih kepada tentang mempelajari dan mengimplementasi nilai ketuhanan yang didapatkan dengan menganalisis ajaran-ajaran ketuhanan yang terdapat dalam agama-agama. 

Demikianlah terimakasih




0 Response to "Perbedaan antara Teologi dan Filsafat Ketuhanan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel