PUISI Kan Nyata dan Penuh Warna-Warni


Menulis dapat dilihat sebagai proses dan hasil. Menulis adalah kegiatan yang dilakukan seseorang untuk membuat sebuah artikel. Menurut St. Heaton. Y. Slamet (2008:141) Menulis merupakan keterampilan yang sulit dan kompleks.

M. Atar Semi (2007:14) mengungkapkan dalam bukunya konsep menulis sebagai proses kreatif mengubah ide menjadi simbol tertulis. Burhan Nurgiantoro (1988: 273) mengemukakan bahwa menulis adalah kegiatan produktif aktif, yaitu kegiatan yang menghasilkan bahasa.

Berdasarkan poin-poin di atas, dapat disimpulkan bahwa menulis adalah suatu kegiatan dimana ide/pikiran dengan kemampuan yang kompleks diungkapkan secara sistematis melalui kegiatan produktif aktif berupa lambang huruf dan angka, sehingga dapat dipahami oleh orang lain.

Dan Kang Thohir mungkin menjadi salah satu orang yang mencapai pengertian dan pemaknaan di atas.

KAN NYATA


Sekeping hati pada dunia
Di mana kehilangan arahnya
Selepas raga kan membawanya
Dalam sekejap mata
Kan berubah semuanya
Hanya satu cinta kebaikan itu kan nyata
Terbawa sebagai teman sejatinya


PENUH WARNA-WARNI

Dalam hidup penuh warna-warni
Banyak hikmah dan maknawi
Meski tak bisa diucap oleh kata-kata
Karena asa dihimpit duka dan kini 
beralih cinta 
Tuk menepis segala lara

Oleh : Kang Thohir
Brebes, 16 April 2023


Muhammad Thohir/Tahir (Mas Tair), nama pena Kang Thohir, lahir di Brebos, Jawa Tengah. Dari sebuah dusun/desa di Kupu, subbagian Wanasari. Dari seorang anak petani yang sehari-harinya bercocok tanam di sawahnya, menanam bunga, daun bawang, padi, kacang-kacangan, pare, cabai dan sayuran.

Sekarang, beliau bekerja di bidang penulisan atau literasi, khususnya sastra Indonesia. Ia senang menulis sejak masuk Pesantren kelas IV Sekolah Dasar. Beliau masih aktif menulis seperti yang terlihat dan semakin bersemangat untuk menulis puisi dan cerita pendek dan apa yang tidak. Selain menulis, beliau juga suka membaca buku, yang bisa menambah ilmu pengetahuannya. 

0 Response to "PUISI Kan Nyata dan Penuh Warna-Warni"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel