IDRAK


Judul Puisi - IDRAK Puisi pada dasarnya bisa menjadi media motivasi, terutama untuk diri sendiri. Ini adalah pengakuan dan kejujuran dengan hati anda bahwa anda lebih menghargai diri sendiri. Puisi biasanya dituliskan untuk diri sendiri namun dapat berpengaruh sebagai sugesti dan motivasi bagi pembacanya. 

Nah, seperti puisi yang berjudul idrak dibawa ini. Kata idrak sendiri adalah kata yang mengandung kata sifat. Artinya kata idrak dapat menggambarkan keadaan yang serupa dengan merasakan, mencapai, mengetahui, menyadari (sesuatu) melalui panca indera, akal dan pikiran. Sebagaimana yang termaktub dalam puisinya yang dituliskan oleh Kang Thohir dibawah ini yang mencoba meresapi sesuatu secara mendalam atas dasar makna idrak itu sendiri. 

Judul : IDRAK 
Karya : Kang Thohir

Idrak pancaran cahaya dan batin
Berpadu ruh dan jiwa 
Memberi keterangan akal
Mengolah daya juga moral
Membalut asa menjalin bersama
Menyatu peredaran darah
Dan kaki siap melangkah
Pada tempat sunyi bertadah
Membawa nirwana 
Menenangkan jiwa yang rapuh
Membuka hijab dan berlabuh
Karena lentera sebagai penyembuh
Ketika mata menjadi gelap
Cahaya cinta menetap
Terasa indah menatap
Begitulah panca indra
Menggapai cahaya
Menemukan cinta
Bukan dari gelap semata
Sebab idrak adalah anggota jiwa
Dari tubuh untuk berguna
Alat semua cerna 
Takkan berkerja bila tak bersama
Batin dan jiwa akan menyatu dalam saksama
Untuk memandang segala ciptaan Sang Maha Kuasa

Brebes, 15 Februari 2023

Penulis bernama lengkap, Muhammad Thohir/Tahir (Mas Tair), nama pena Kang Thohir, lahir di Brebes, Jawa Tengah. Dari sebuah dusun atau desa Kupu, Kecamatan Wanasari. Dari seorang anak petani yang sehari-harinya bercocok tanam di sawahnya, menanam bunga, daun bawang, padi, kacang-kacangan, pare, cabai dan sayuran.

Saat ini saya bekerja di bidang kepenulisan atau literasi, khususnya sastra Indonesia. Ia senang menulis sejak masuk Pesantren kelas IV Sekolah Dasar. Saya masih aktif menulis, dan saya semakin bersemangat untuk menulis puisi dan cerpen, dll yang saya tulis. Selain menulis, saya juga suka membaca buku, yang dapat menambah wawasan (pengetahuan) saya.

Editor: Awi Sila


0 Response to "IDRAK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel