Mengapa Pancasila dimaknai seperti Filsafat?



Pengertian Filsafat Pancasila

Filsafat pancasila atau falsafah Pancasila menurut wikipedia adalah penggunaan nilai-nilai pancasila sebagai dasar bangsa dan cara pandang bangsa. Pancasila sebagai falsafah, pandangan, nilai dan gagasan yang terkandung dalam Pancasila dapat menjadi substansi dan isi pembentukan ideologi Pancasila.

Dardji Darmodihardjo, mengatakan bahwa filsafat pancasila merupakan hasil pemikiran rakyat Indonesia yang paling dalam, apa yang dipikirkan, diyakini dan diyakini oleh rakyat Indonesia (kenyataan, nilai, norma) adalah yang paling benar, paling adil, paling bijaksana, paling baik dan paling tepat.


Ciri dan Landasan utama filsafat Pancasila

Dalam sistem filsafat Pancasila memiliki standar dan ciri universal, dengan ciri kebangsaan seperti berikut 
1. Pencarian kebenaran tertinggi yang sistematis, fundamental, universal, lengkap dan radikal.
2. Monoteisme dan filsafat agama, kepercayaan akan adanya satu sumber universal, Tuhan Yang Maha Esa.

Dengan gagasan awal atau pengembangan awal daripada filsafat Pancasila didasarkan pada empat landasan filosofis, yaitu ontologi, epistemologi, aksiologi, dan antropologi.


Makna Mendalam Filsafat Pancasila 

Secara keseluruhan nilai-nilai falsafah pancasila antara lain hidup bermasyarakat dan bermasyarakat, saling membantu dan/atau bekerja sama, rukun, saling menjaga keamanan dan pertahanan, serta saling menghargai dan menghormati kebebasan beragama. Hidup bernegara pada sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.

Nah, faktor inilah yang mendorong Pancasila sebagai sistem filosofis karena Pancasila adalah hasil renungan jiwa yang mendalam yang dilakukan oleh para pendahulu kita dan kemudian dituangkan ke dalam sistem yang tepat dimana Pancasila memiliki esensinya sendiri yang dibagi menjadi lima sila. Tolong

Filsafat Pancasila selain itu juga dipahami dari nilai-nilai Pancasila sebagai dasar bangsa dan menjadi pandangan hidup berbangsa. Pancasila juga merupakan falsafah dan pandangan, nilai serta gagasan yang terkandung dalam pancasila dapat menjadi substansi dan isi dari pembentukan ideologi pancasila itu sendiri.

Atau dengan kata lain, Pancasila dimaknai sebagai falsafah karena menjadi acuan intelektual cara berpikir bangsa. Artinya, Pancasila dijadikan pedoman hidup dalam praktik.


Tujuan dan Manfaat Filsafat Pancasila 

Apa fungsi dan tujuan filsafat pancasila?
Filsafat pancasila merupakan dasar untuk mengatur atau mengurus segala bentuk urusan kenegaraan, atau segala sesuatu yang ada dalam kehidupan berbangsa dan bernegara seperti perundang-undangan Indonesia, pemerintahan, perekonomian nasional dan aspek-aspek kenegaraan lainnya yang sudah semestinya berangkat dari atas asas berdasarkan Pancasila.

Demikianlah sebuah penjelasan singkat tentang filsafat Pancasila, atau lebih tepatnya alasan dibalik Pancasila yang di maknai sebagai seperti filsafat secara pemikiran maupun praktisnya.


0 Response to "Mengapa Pancasila dimaknai seperti Filsafat?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel