Apa Dasar dan Tujuan dari Filsafat Pendidikan?


Tentu banyak dari kita pernah mendengar kata Filsafat Pendidikan, terlebih kepada orang-orang yang secara serius mendalami ilmu filsafat itu sendiri, namun sayangnya tidak banyak dari kita yang memahami isi dan tujuan hadirnya filsafat pendidikan, meskipun kata Filsafat Pendidikan terdengar simpel dan biasa namun ternyata didalamnya menyimpan tujuan yang begitu mendasar bagi kehidupan terutama dalam bidang pembelajaran itu sendiri.

Nah mari bersama kita selami maksud dari apa itu filsafat pendidikan secara sederhana dibawah ini, dengan harapan semuanya dapat memahaminya secara perlahan-lahan.

Pengertian Filsafat Pendidikan 

Dalam “Pengantar Filsafat Pendidikan”, filsafat pendidikan adalah teori atau pemikiran pendidikan yang dihasilkan dari sifat filosofis pendidik, pengalaman pendidikan dan pengalaman hidup, serta penelitian pendidik terhadap berbagai ilmu yang berkaitan dengan pendidikan. Sekolah penemuan berkembang.

Dengan kata lain, hubungan antara filsafat dan pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam sistem pendidikan, karena filsafat merupakan arah dan prinsip dasar untuk meningkatkan usaha dan memajukan kemajuan, serta merupakan landasan yang kokoh bagi kelangsungan sistem pendidikan.

Sesuai dengan argumentasi (Wikipedia), yang mengungkapkan esensi dari
Filsafat pendidikan adalah ilmu filsafat yang mempelajari praktek dan hakikat pendidikan. Materi yang dipelajari meliputi tujuan, latar belakang, metode, hasil, dan hakikat pendidikan. Metode yang digunakan adalah analisis kritis terhadap struktur dan manfaat pendidikan.

Landasan Filsafat Pendidikan

Dalam filsafat pendidikan, ilmu ini memiliki 3 kriteria. Diantaranya ontologi pendidikan, epistemologi pendidikan dan teori nilai pendidikan. Ketiga hal tersebut harus ada dalam filosofi pendidikan, dan setiap calon pendidik harus mengetahui arti dari ketiga hal tersebut.
Dan Filsafat pendidikan sendiri meliputi beberapa aliran di dalamnya, seperti 
aliran filsafat progresivisme, esensialisme, keabadian, rekonstruksionisme, dan eksistensialisme.

Peran filsafat pendidikan dalam Pendidikan

Filsafat pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam sistem pendidikan karena filsafat merupakan arah dan pedoman dasar untuk memperbaiki usaha, meningkatkan kemajuan, dan merupakan landasan yang kokoh untuk menganut sistem pendidikan.

Tujuan Filsafat Pendidikan

Tujuan filsafat pendidikan memberikan inspirasi bagaimana mengatur proses pembelajaran yang ideal. Teori pendidikan bertujuan untuk menghasilkan gagasan tentang kebijakan dan prinsip pendidikan berdasarkan filosofi pendidikan.

Dan terutama teruntuk para siswa agar diajak untuk memahami bahwa betapa luas dan dalamnya hakikat serta tanggungjawab pikiran dan pengetahuan yang ada dalam dirinya itu sendiri. Dalam hal ini Lembaga pendidikan secara filosofis berfungsi dalam mencerdaskan anak bangsa untuk menjadi seorang intelektualis baru.

Manfaat mempelajari Filsafat 
Pendidikan bagi Siswa

“Pemanfaatan filsafat oleh siswa mencakup kemampuan untuk berpikir secara mendalam dan kritis tentang suatu masalah, merumuskan argumen lisan dan tertulis secara sistematis dan kritis, serta mengkomunikasikan gagasan secara efektif.

0 Response to "Apa Dasar dan Tujuan dari Filsafat Pendidikan?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel