Gagasan Jeremy Bentham Tentang Hukum dan Kebebasan


Jeremy Bentham, ahli hukum dan reformis politik, yang namanya paling erat kaitannya dengan filosofi era berdirinya tradisi utilitarian modern. Para moralis awal mengartikulasikan beberapa gagasan inti dan ciri-ciri terminologis filsafat utilitarian, berikut alasannya
Bentham adalah orang yang mensekulerkan dan mensistematisasikan teori ini. dan menjadikannya alat penting bagi filsafat moral dan hukum serta kemajuan politik dan sosial. Pada tahun 1776, dalam “Fragments of Government,” dia pertama kali mengumumkan kepada dunia bahwa dia adalah pendukung utilitarianisme sebagai prinsip panduan perilaku dan hukum.

Tentang Hukum, Kebebasan, dan Pemerintahan

Gagasan kebebasan dalam tulisan-tulisan Bentham adalah apa yang sekarang biasa disebut kebebasan “negatif”, yaitu kebebasan dari batasan atau paksaan dari luar. Bentham berkata: “Kebebasan adalah kebebasan dari pengekangan, Jadi, selama seseorang tidak dihalangi oleh orang lain, maka seseorang mempunyai kebebasan. Bentham menyangkal bahwa kebebasan adalah hal yang wajar atau sudah ada sebelumnya dalam kehidupan sosial dan dengan demikian memberikan batasan pada negara atau bahwa terdapat ruang lingkup kebebasan apriori yang menjadi kedaulatan individu.

Faktanya, Bentham berpendapat bahwa manusia selalu hidup dalam masyarakat, sehingga tidak ada keadaan alamiah (walaupun ia membedakan antara masyarakat politik dan masyarakat alami) dan tidak ada “kontrak sosial”, sebuah gagasan yang menurutnya tidak hanya tidak historis tetapi juga. destruktif. Namun, ia mencatat bahwa ada perbedaan penting antara kehidupan publik dan kehidupan pribadi yang mempunyai konsekuensi signifikan secara moral, dan ia berpendapat bahwa kebebasan adalah suatu barang yang, meskipun bukan nilai fundamental, mewakili nilai terbesar. prinsip kebahagiaan.

Sehubungan dengan penjelasan kebebasan ini, Bentham, seperti Thomas Hobbes sebelumnya, memandang hukum sebagai sesuatu yang “negatif”. Mengingat bahwa kesenangan dan kesakitan adalah hal yang mendasar, bahkan sesuai dengan standar nilai Bentham, kebebasan adalah suatu kebaikan karena menyenangkan dan kebebasan adalah suatu kejahatan karena menyakitkan. Dimana Undang-Undang yang hakikatnya adalah penegakan kebebasan dan penderitaan bagi mereka yang dibatasi kebebasannya merupakan kejahatan prima facie. Hanya ketika kendali negara dibatasi maka individu bisa bebas.

Hukum, menurut Bentham, penting bagi perdamaian sosial dan hukum yang baik, jelas penting bagi pemerintahan yang baik. Mungkin lebih dari Locke, Bentham melihat peran positif yang dimainkan oleh hukum dan pemerintah, khususnya dalam mencapai kesejahteraan masyarakat. Sejauh hukum memajukan dan melindungi barang-barang ekonomi dan pribadi seseorang dan bahwa pemerintahan yang ada adalah pemerintahan sendiri, maka hukum mencerminkan kepentingan individu.

Berbeda dengan banyak pemikir sebelumnya, Bentham berpendapat bahwa hukum tidak diwajibkan oleh hukum kodrat tetapi hanyalah suatu perintah yang mengungkapkan kehendak penguasa. (Penjelasan tentang hukum ini, yang kemudian dikembangkan oleh Austin, merupakan ciri dari positivisme hukum.) Dengan demikian, hukum yang memerintahkan tindakan yang dibicarakan secara moral atau jahat secara moral, atau yang tidak didasarkan pada persetujuan, tetaplah hukum.

Kesimpulan Sederhana

Tulisan-tulisan Bentham menghadirkan tantangan tersendiri bagi mereka yang membahas gagasannya. Sehubungan dengan apa yang ingin disampaikan di atas, pada dasarnya menurut Jeremy Bentham melalui pemikiran utilitasnya, tujuan utama dari hukum yang ditawarkan adalah hukum utilitas untuk menjamin kebahagiaan bagi sebanyak-banyaknya orang.

0 Response to "Gagasan Jeremy Bentham Tentang Hukum dan Kebebasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel