6 Penemuan Alat Transportasi yang Bermanfaat bagi Manusia


Penemuan transportasi tidak diragukan lagi merupakan salah satu penemuan paling penting dan berpengaruh di dunia. Sulit membayangkan bahwa tanpa penemuan transportasi, mobilisasi kita akan sangat sulit. Kemampuan berjalan tidak memungkinkan untuk jarak yang sangat jauh dan juga membutuhkan waktu yang lama.

Jauh sebelum transportasi ditemukan, perjalanan manusia dilakukan dengan berjalan kaki. Ternyata sejarah perkembangan alat transportasi dimulai dari kapal laut. Awalnya, perahu dikembangkan sebagai alat navigasi sungai dan memancing di sungai dan lepas pantai.

Namun, seiring berkembangnya peradaban, berkembang pula kapal-kapal yang digunakan untuk melintasi lautan. Dengan cara ini, Robert Fulton mengembangkan kapal canggih untuk menaklukkan tantangan samudra saat itu.

Selain transportasi laut, perkembangan transportasi darat juga memberikan kontribusi dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, transportasi darat kini menjadi moda yang paling banyak digunakan manusia. Mobil adalah salah satu alat transportasi modern, dan penemunya adalah Karl Benz. Pada tahun 1879, dia mematenkan penemuan mobil pertamanya.

Selain itu, perkembangan transportasi udara juga pesat. Salah satunya adalah pesawat yang pertama kali ditemukan oleh Orville Wright dan Wilbur Wright dan berhasil terbang pertama kali pada 17 Desember 1903. Bahkan hingga kini berbagai alat transportasi masih marak, mulai dari transportasi darat, transportasi udara, hingga transportasi laut.


1. RODA

Sebelum roda ditemukan pada 3500 SM, jumlah barang yang dapat diangkut manusia melalui darat dan jarak yang dapat mereka angkut sangat terbatas. Roda itu sendiri bukanlah bagian tersulit dari "menemukannya", bagian tersulit adalah menemukan cara terbaik untuk membuatnya bekerja secara efisien.

Setelah 3500 SM, gerobak beroda memfasilitasi pertanian dan perdagangan, memungkinkan barang ke dan dari pasar, dan meringankan beban orang yang bepergian jauh. Sampai saat ini keberadaan roda sangat penting dalam kehidupan manusia. Roda dapat ditemukan di segala hal mulai dari jam tangan hingga kendaraan hingga turbin.


2. SEPEDA

Sepeda awalnya lahir dari kebutuhan transportasi yang lebih cepat daripada berjalan kaki. Sepeda telah tumbuh dan berkembang dengan berbagai inovasi lintas negara. Sepeda kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup warga di seluruh dunia.

Nah, sepeda pertama kali ditemukan pada tahun 1817. Sepeda telah berevolusi selama berabad-abad, dan semuanya dimulai pada tahun 1817. Baron Jerman Karl von Drais merancang perangkat roda dua, salah satu sepeda pertama. dibangun.

3. SEPEDA MOTOR

Sepeda motor adalah kendaraan roda dua yang digerakkan oleh mesin. Sepeda motor kali pertama dibuat pada 1868  tetapi baru sempurna pada 1880.

Pertanyaannya adalah siapa yang pertama kali menemukan sepeda motor?
Sepeda motor bertenaga bensin pertama ditemukan oleh insinyur Jerman Gottlieb Daimler pada tahun 1885, menurut situs web Federal Petroleum. Dia memasang mesin pembakaran internal yang sempurna pada sepeda kayu yang dia ciptakan.


4. MOBIL

Mobil bertenaga mesin ini awalnya ditemukan dan dikembangkan oleh insinyur militer Prancis Nicolas Joseph Cugnot. Awalnya, kendaraan bertenaga uap roda tiga hanya dibuat untuk menarik artileri berat. Namun, ia kemudian memodifikasi mobil tersebut pada tahun 1771 sehingga dapat mengangkut empat tentara sekaligus.

Namun, mobil bermesin bensin saat ini baru ditemukan pada tahun 1883 oleh Karl Benz. Saat itu, ia mendirikan Mercedes-Benz, sebuah perusahaan yang fokus pada pembuatan mesin industri dan mesin sepeda motor. Selanjutnya, Benz berhasil menciptakan kendaraan roda tiga bertenaga bensin.

Pada tahun 1885, Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach bekerjasama mengembangkan mobil bensin roda empat yang sangat populer pada saat itu. Dengan potensi yang dimiliki, Benz, Daimler, dan Maybach kemudian mendirikan Mercedes-Benz.


5. KERETA API

Kereta ditemukan pada tahun 1803 oleh insinyur Inggris Richard Trevithick. Trevithick berhasil memanfaatkan uap bertekanan tinggi dan membangun lokomotif kereta api uap pertama di dunia.

Trevithick membangun kereta uap pertamanya di sebuah bukit di Camborne, Cornwall. Kereta uap dibangun pada 1804, tahun pertama kali beroperasi di jalur trem di Pabrik Besi Penydarren.

Dia kemudian mengeluarkan, bersama dengan sepupunya Andrew Vivian, paten bersejarah untuk mesin bertekanan tinggi untuk aplikasi stasioner dan lokomotif.


6. PESAWAT

Pesawat adalah salah satu penemuan terbesar umat manusia. Pesawat itu ditemukan oleh Orville dan Wilbur Wright, juga dikenal sebagai Wright bersaudara. Keduanya merupakan pengusaha yang memiliki toko sepeda.

Mereka butuh beberapa tahun untuk mengembangkan Wright Flyer pertama, yang terbang 36,6 meter dengan mesinnya sendiri pada 17 Desember 1903.

Namun jauh sebelum itu, Wright bersaudara berusaha membuat pesawat terbang pertama dengan menggunakan desain layang-layang dan pesawat layang. Tidak seperti glider, Wright memutar ujung sayap pesawat untuk mempengaruhi aliran udara di atasnya.

Bahan dasar untuk pesawat pertama, yang disebut Flyer 1, adalah cemara. Flyer 1 ditenagai oleh mesin 12 tenaga kuda yang menggerakkan baling-baling di bagian belakang sayap pesawat.

Diproduksi pada tahun 1903, pesawat ini melakukan penerbangan pertamanya pada tanggal 17 Desember 1903 selama 12 detik. Saat itu, flyer 1 sukses terbang setinggi 36,5 meter.


Demikianlah penemuan terkait alat transportasi yang sesungguhnya menemani dan membantu umat manusia mengarungi perjalanan kehidupan di bumi hingga saat ini. 

0 Response to "6 Penemuan Alat Transportasi yang Bermanfaat bagi Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel