Menyelami Gagasan Sosiologi Selo Soemardjan


Sosiologi adalah ilmu sosial yang mempelajari semua kehidupan sosial. Dimana objek dari studi sosiologi adalah kehidupan masyarakat.
Sedangkan kata sosiologi secara etimologi berasal dari bahasa Yunani dan terdiri dari kata “socius” (berarti masyarakat) dan “logos” (berarti ilmu).

Istilah sosiologi sendiri pertama kali diciptakan oleh filsuf Perancis bernama Auguste Comte  pada tahun 1839. Oleh karena itu, Auguste Comte dikenal sebagai Bapak Sosiologi di dunia.

Binorasi Selo Soemardjan

Selo Soemardjan, seorang sosiolog dari Yogyakarta, dianggap sebagai bapak sosiologi Indonesia. Sebagai seorang ilmuwan, beliau melakukan penelitian yang luas di berbagai daerah di Indonesia dan telah menulis beberapa buku di bidang sosiologi.

Selo Soemardjan dianggap sebagai Bapak Sosiologi Indonesia karena mendapatkan gelar Ph.D. dari Cornell University di Amerika Serikat dan mengajar Sosiologi di Universitas Indonesia (UI). dan Selo Soemardjan adalah seorang Pendiri Fakultas Ilmu Sosial (sekarang FISIP). 

Definisi sosiologi dari Selo 
Soemardjan

Sosiologi adalah ilmiah terkait interaksi sosial, struktur sosial dan perubahan sosial dalam masyarakat. Artinya sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari pola tentang hubungan sosial, norma, nilai dan institusi yang membentuk masyarakat. 

Dalam pandangan sosiologi nya, Selo Soemardjan menekankan pentingnya pendekatan holistik dalam sosiologi, yang berarti memahami masyarakat sebagai suatu kesatuan yang terdiri dari berbagai komponen yang saling terkait. 

Dimana Selo Soemardjan membentuk atau memfokuskan pemikirannya tentang sosiologi ke dalam sosiologi Indonesia. Sehingga dengan itu ia melakukan penelitian di beberapa daerah, guna mengenali langsung kehidupan masyarakat kemudian dimanfaatkan ke dalam kajian tentang kesejahteraan masyarakat itu sendiri. 

Pendapat Selo Soemardjan Tentang Masyarakat
 
Sedang masyarakat menurut Selo Soemardjan adalah orang-orang yang hidup bersama dan menciptakan budaya. Umumnya, mereka berbagi wilayah, identitas, adat istiadat, tradisi, sikap dan perasaan yang sama yang dipersatukan oleh kesamaan tersebut.

Selo Soemardjan membagikan penelitiannya tentang sosiologi, dalam kajian tentang struktur sosial dan proses sosial, termasuk perubahan sosial.


Pendapat Selo Soemardjan terkiat
Struktur Sosial 
 
Struktur sosial adalah keseluruhan hubungan antara unsur-unsur sosial yang utama, yaitu norma sosial (norma sosial), pranata sosial, kelompok dan kelas sosial.

Proses Sosial Menurut Selo 
Soemardjan

Sedangkan Proses Sosial adalah proses saling mempengaruhi dalam kehidupan sosial. Selo Soemardjan berpendapat bahwa proses sosial membentuk perubahan sosial, dan perubahan sosial adalah perubahan berbagai pranata sosial yang mempengaruhi sistem sosial masyarakat, termasuk nilai, sikap, pola, dan perilaku di antara kelompok-kelompok sosial.

Konsep Perubahan Sosial
Selo Soemardjan

Menurut Selo Soemardjan (1962), perubahan sosial adalah semua perubahan pranata sosial dalam masyarakat yang mempengaruhi sistem sosial, termasuk didalamnya terdapat nilai, sikap, dan pola perilaku antar kelompok masyarakat.

Singkatnya, perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada struktur masyarakat yang dapat mempengaruhi pola interaksi sosial sehingga karakter manusia berkembang menuju ke arah yang lebih baik dan sebaliknya.

Dan menurut Selo Soemardjan, contoh dari perubahan sosial seperti: 

Pertama, Perubahan pola perkawinan, yang merupakan bentuk perubahan sistem kekeluargaan.

Kedua, Sanksi pengucilan atau pengusiran bagi pelanggar aturan adat

Ketiga, Mata pencaharian penduduk desa berubah dari petani menjadi buruh pabrik

Karya-karya Selo Sumarjan

Pada akhirnya, yang bisa kami katakan tentang kesempurnaan pemikiran Selo Soemardjan hanyalah terdapat pada karya-karyanya dibawa ini:

1. Perubahan sosial di Yogyakarta, terbitan tahun 1962

2. Perkembangan Masyarakat Pedesaan di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Terbitan tahun 1963

3. Ketimpangan dalam pembangunan: Pengalaman Indonesia, terkait tahun 1972

4. Masyarakat dan Kebudayaan: Kumpulan Karangan untuk Prof. Dr. Selo Soemardjan. Terbitan tahun 1988

5. Indonesia: A Socio-economic Profil. Terbit pada tahun 1988

6. Cultural Change in Rural Indonesia: Impact of Village Development, terbit pada tahun 1993

7. Biografi: Komat-kamit Selo Soemardjan, diterbitkan pada tahun 1995

Prof. Dr. Selo Soemardjan


0 Response to "Menyelami Gagasan Sosiologi Selo Soemardjan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel