Apa Keuntungan Belajar Logika ?


Pengertian Logika ?

Logika merupakan salah satu cabang Filsafat. Dimana kata Logika berasal dari bahasa Yunani yakni, Logos yang memiliki arti hasil pertimbangan akal pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa.

Apa saja aliran dalam logika 

Aliran logika seperti yang telah diketahui bersama yakni terdiri dari analitika dan dialektika. Dimana ilmu analitika sendiri merupakan cara penalaran yang berdasarkan pada pernyataan yang benar. Sedangkan dialektika ialah cara penalaran yang berdasarkan pada dugaan.

Apa dasar-dasar logika 

Dasar-Dasar logika atau dasar penalaran dalam logika memiliki dua, yakni logika atau penalaran deduktif dan logika atau penalaran induktif. 

Logika deduktif merupakan penalaran yang membangun atau mengevaluasi argumen yang bersifat dari umum ke khusus. Menurut logika deduktif, jika premis-premis yang tersedia benar, maka kesimpulan yang dihasilkan pasti valid. Semisalnya:
Premis 1 : Semua hewan adalah mahkluk hidup
Premis 2 : Kerbau adalah Hewan
Maka Kesimpulan: Kerbau adalah Mahkluk hidup 

Dan bapak penalaran deduktif ialah Aristoteles, atau Father of Deductive Reasoning

Sedangkan logika induktif sebaliknya membangun atau mengevaluasi argumen yang bersifat khusus ke umum.

Bapak logika induktif yakni seorang filsuf Inggris yang bernama Francis Bacon, ia juga dikenal sebagai bapak empiris melalui karyanya dalam mengembangkan metode ilmiah..

Ciri-ciri berpikir logis

Nah, seperti penjelasan yang tertera di atas bahwa pada dasarnya logika berusaha mengajak seseorang yang mempelajarinya berpikir secara logis dimana pemikir logis selalu berpikir sesuai target dan tepat sasaran. 

Terlebih target tersebut berorientasi pada masa depan, sebaliknya pemikir logis akan menolak sesuatu yang bertentangan dengan kebenaran secara keseluruhan.

Jadi, apa keuntungan mempelajari logika?

Menurut Hegel, logika dianggap sebagai metafisika karena memiliki susunan pikiran yang dianggap sebagai kenyataan. Maka dengan mempelajari logika, membantu setiap orang yang mempelajarinya untuk berpikir secara rasional, kritis, sistemik, lurus, tetap, tertib, metodis dan koheren. 

Dan meningkatkan kemampuan berpikir secara abstraksi, cermat, teliti dan objektif. Serta menambah kecerdasan dan meningkatkan kemampuan berpikir radikal dan mandiri.

Selamat membaca tentang logika lebih mendalam bagi siapapun yang tertarik mempelajarinya.. terimakasih


0 Response to "Apa Keuntungan Belajar Logika ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel