Kenapa Dalam Dunia Filsafat Banyak Bertanya ?

Kenapa dalam dunia filsafat banyak bertanya ?

Pertanyaan yang simpel, hingga pada akhirnya tidak banyak penjelasan dari pertanyaan tersebut yang diutarakan oleh sebagian besar dari kita, namun sekarang saya akan mencoba memberikan perspektif secara subjektif yang sekiranya dapat kita pahami secara mudah.

Berbicara tentang makna dari kata bertanya ? Bertanya memiliki dua sisi pengertian, bertanya pada seseorang untuk mendengarkan penjelasan atau bertanya diri sendiri untuk menemukan kebenaran.

Nah, dan filsafat lebih condong bertanya sendiri, berpikir sendiri dan menemukan kebenaran, sekalipun bertanya pada seseorang motifnya adalah menemukan perbandingan (komparasi) dari apa yang di pikirkan. Artinya belajar filsafat sama dengan memaksa diri untuk bisa mengekspresikan apa saja yang muncul di kepala, dan kemudian berusaha mencari kejelasan secara kritis, radikal, sistematis dan universal.

Lalu apa asal muasal seseorang yang berfilsafat cenderung banyak bertanya ?

Menurut saya, Banyak bertanya dalam dunia filsafat dikarenakan asal muasal (History Filsafat) lahirnya filsafat itu sendiri, dimana filsafat lahir dari rasa ingin tahu dari sikap keheranan, terpukau dan kebingungan daripada Filsuf awal Filsafat. Oleh sebab itulah membentuk skema berpikir filsafat, sehingga ketika seseorang yang berfilsafat selalu beranjak dari pertanyaan-pertanyaan untuk mencapai kebenaran secara keseluruhan, dan sebagai dasar dari proses berfikir untuk mencapai pengetahuan.

Bersandar pada latar belakang diatas, maka sering di katakan bahwa asal muasal biasanya pengetahuan adalah bertanya, kemudian berpikir secara rasional, kritis dan radikal tentang apa yang di pertanyakan untuk mencapai pengetahuan yang benar.

Dan dari kebiasaan bertanya itu, maka filsafat terkadang di sebut sebagai disiplin ilmu yang sederhana karena bertanya adalah suatu kebiasaan yang dapat dilakukan oleh banyak orang, dan dari kebiasaan itu juga filsafat di sebut sebagai disiplin ilmu yang merepotkan, membingungkan dan sok pintar.

Terimakasih..


0 Response to "Kenapa Dalam Dunia Filsafat Banyak Bertanya ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel